16.5.08

Ciblek yang bagus

Tanya:

Katanya ciblek yg bagus adalah ciblek yg dadanya berwarna putih semua, klo para KM ada yg punya gambarnya tlg saya dikasih donk.

Apakah ciblek yg dadanya berwarna putih semua menandakan klo ciblek tersebut sudah tua, atau memang dari usia muda/trotolan ciblek tersebut sudah berdada putih??


Tanggapan Mas Willy:

Ciblek yg ada dipasaran ada dua macam, yg satu dada kuning punggung kecoklatan dan satu lagi dada putih punggung keabu-abuan (Jatim). Yg Jatim burungnya agak lebih besar dari yg kuning dan suara lebih tebal dan nyarig. Variasinya juga lebih banyak, jadi kalo ingin pelihara lebih baik yg dada putih/Jatim. (Siapa sich yg gak suka dada putih,...??? ) (willy )

Tanggapan saya:

Mas Willy, ciblek yang dada putih itu bukan sebagai tanda ciblek Jatim, sebab di Jateng juga banyak (Solo misalnya). Kalau di Solo, ciblek yang bagus yang Anda maksudkan itu adalah ciblek sawah (habitatnya di semak2 di lingkungan persawahan), sedang ciblek (tanpa diikuti kata “sawah”) habitatnya di kebun dan/atau tegalan.

Beda suara keduanya yang paling mencolok bukan pada besar kecilnya (volume) suara, tetapi pada lagu serta warnasuara. Kalau ciblek suara utamanya adalah “cap...cap...cap...cap...cap”, maka ciblek sawah adalah “clik...clik....clik...clik...”. Untuk sekali ngangkat suara, lagu cap2 ciblek relatif pendek (nggak ada seperempat menit---------menghitung dengan kecepatan normal paling sampai hitungan 10 sudah habis), sedangkan ciblek sawah relatif panjang, bahkan bersuara clik2 terus menerus sampai dua menitan (Anda berhitung sampai hitungan 120, kadang suara clik2nya belum berhenti) dan sangat bagus untuk masteran kenari.

Paling tidak, itulah yang saya pahami selama ini. (Duto)


Tanya:

Apakah ciblek bisa dimaster?

Jawab:

Nah itulah anehnya kita2 ini. Maunya semua burung bisa dimaster dengan suara apa saja. Prinsipnya sih bisa saja, bahkan CR pun bisa bersuara prenjak (hanya pelan memang). Tetapi kita harus ingat bahwa burung2 seperti CJ, ciblek, LB, cililin dan gereja adalah burung2 yang dipakai untuk memaster burung lain karena suara monoton mereka sangat khas dan dinilai "tinggi" oleh juri2 di arena lomba.

Jadi kalau burung2 bersuara monoton khas itu kemudian dimaster dengan suara burung lain, ya nggak paslah. LB, CJ, atau ciblek yang sudah dimaster dengan suara burung lain, "nilai"nya di arena lomba malah bakal anjlok. (Duto)

8 komentar:

Bp Prayogo mengatakan...

trus, bagaimana cara merawat ciblek agar tetap gacor?
Thx

bayoenef mengatakan...

bagaimana melatih ciblek liar makan voer?

santay mengatakan...

gimana nih qlo beli ciblek yang sudah dikatan tdk terlalu muda masih bisa di jinakan atau sudah tidak bisa
masih bisa gacor atau tidak
thx

Amierqhasmier mengatakan...

Mau tanya nih ,gimana caranya supaya ciblek suaranya ngebrem panjang ,apa perlu pemasteran.
Makasih.

rochim itemz mengatakan...

wao...dada putih...kalau biblora tu ciblek kapas bukan ciblek sawah lo.emang sih lebih bagus.tpi sayang kalau udah macet sulit di benahi.beda lagi sma siblek kampung dada kuning..mudah di jinakan dan di ternakan

arif kurniawan mengatakan...

ciblek gacor harganya brpa???

khalisha aqila mengatakan...

Sy udh beli ciblek bahan 5x....tp mati smua.....smua cara udh sy ikutin tp mati jg...gmn solusiny???

YAN'S FARM FISH mengatakan...

Sama saya selalu mati trs tuh ciblek, akhirnya saya dpt perawatan dan pemilihan ciblek ombyokan:
1. Pantau CB yg akan agan pilih yg jelas jantan, minimal 2 jam pilih yg selalu bergerak lincah dan selalu makam, jgn yg tidur.
2. Kasih EF ulat kandang/ulat balap selama 1 minggu, sangakr tutup 3 sisinya atau kerodong 3/4 saja, jgn ksh jangkrik, UH, voer dulu, blh ksh kroto setelah 3 hari, tp sedikit saja. Yg jelas bikin ciblek hidup dan mau makan dulu.
3. Kandang hrs selalu bersih, cepuk air ganti dan bersihkan tiap hr dan ksh air matang, atau air kemasan dulu
4. Hari ke 8 baru ksh kroto campur voer sedikit saja, jangkrik/ef 1 ekor p/s, ulat kandang tetap di kasihkan.
5. Setelah CB sudah mkn voer full, baru setingan perawatan anda sendiri.
Cat. Ciblek ombyokan hampir 60 % sakit infeksi tenggorokan krn kandang yg kotor, makanya klo mau beli pantau dulu agak lama seperti yg sdh saya katakan pada point 1..... kunjungi blog saya www.yansfish.blogspot.com