16.5.08

AM saya jantan apa betina?

Pertanyaan:

Apakah AM saya jantan atau betina? Burung AM merah saya kepala nya sedikit kecil dan pernah beberapa kali ngeper ketika tangan di dekatkan

dan ketika dijemur sendirian, tapi beberapa kali saya ketemukan dengan anis merah yang bunyi dan lagi teler di Kios Aryo, dan juga AM tetangga saya yang lagi teler, AM saya tidak mau ngeper, menurut mas Aryo AM saya itu jantan karena tidak ngeper pendapat ini juga saya pernah baca entah di mana. Apakah ada pendapat pakar AM yang lain soal kasus ini.

(Samuel G Setiyadi)

Jawab:

Pak Sam,

Ada beberapa point yang bisa saya sampaikan menurut pengalaman selama ini:

1. AM betina pasti ngeper tapi tidak semua AM yang ngeper betina.

2. Ngeper untuk betina tidak selalu menunjukkan burung sedang birahi, tetapi sekadar untuk menarik perhatian (bisa jadi menarik perhatian makhluk di sekitarnya, termasuk pemeliharanya/ orang lain dsb).

3. Burung ngeper adalah burung yang sedang tidak dalam kondisi stress/takut.

4. Bisa jadi AM Anda betina dan ngeper sekali-sekali dalam kondisi ingin menarik perhatian orang; dan justru tidak ngeper ketika melihat AM jantan yang ngerol2 karena memang belum birahi atau justru takut2.

5. AM betina dan sedang birahi (dewasa, fit/tidak stress) pasti ngeper jika didekatkan AM jantan dewasa (apalagi bunyi).

6. Fisik AM tidak bisa dijadikan patokan untuk menentukan jantan/betina kecuali Anda pegang dan dilihat kloakanya sekaligus diraba tulang supitnya (dua tulang penggapit kloaka/tulang pinggul?). Kalau antar tulang supit relatif longgar sekaligus kloakanya besar/memerah, kemungkinan besar betina. Kalau sempit dan kloaka rapat, kemungkinan besar jantan atau bisa juga betina tapi masih muda.

7. Untuk mengujinya, bisa digunakan alat sexing-detection/ test-sexing meski tingkat keakuratannya hanya sekitar 75%. Atau bisa juga digunakan tali berbandul logam (untuk teknis pemakaiannya, sudah pernah dibahas di milis KM.)

8. Banyak AM betina juga bunyi. Ada yang variatif (paling tidak, kawan saya pernah punya karena terbukti kemudian dia nelor2 melulu; sayang waktu itu belum ada keinginan menangkarnya; sekarang sudah bablas nggak tahu dijual kemana...).

9. Tidak ada yang bisa memberi jaminan untuk kepastian jantan betina AM kecuali AM peliharaan lama yang telah dipastikan perilaku dan suaranya. Artinya, semua itu perlu waktu.

10. Itulah salah satu seni memelihara burung: Merawat dengan penuh tanda tanya... jantan...betina... berkicau... membisu...hidup...mati...dsb-dsb.

11. Sabar....

Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar: